Samsung Galaxy Tab 2 10.1 Tidak Mau Nyala


Malam ini saya kelimpungan, tiba-tiba tablet android saya error beberapa saat, lalu layarnya mati dan ketika saya coba colokkan ke charger, tidak ada tanda batre nyala. Bingung banget karena ga tau disini cari tukang reparasi dimana, di Indonesia mah banyak. Saya pikir tablet tersebut sudah wasalam, tapi ketika saya tekan tombol volume (-) sampai mentok, tablet tersebut masih bergetar. Masih ada harapan saya pikir. Saking bingungnya saya berencana mencabut batre, tapi ternyata susah banget dan beresiko rusak karena batre tertanam di dalam dan membukanya pun sulit.

Berkat bantuan dari Om Yahoo, akhirnya saya temukan tips sebagai berikut:
1. Tekan tombol On/Off dan tombol volume secara bersamaan
2. Tahan antara lima hingga sepuluh detik
3. Nanti akan keluar notifikasi
4. Pilih tombol volume up (+) untuk restart, dan tombol volume down (-) untuk download OS
5. Tablet pun kembali nyala
Kalau hal tersebut sudah dilaksanakan dan tidak mendapatkan hasil, lebih baik dibawa ke service center atau tempat reparasi lain.
Semoga membantu ya.

Salaam

86 comments:

  1. Kalau nyala-mati-nyala-mati gmn? On off sendiri aja sembari nongol logo samsungnya berkali2 tp gak nongol2 tampilan layaknya setelah kita nyalain tab nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya belum pernah mengalami hal tersebut, tapi ada baiknya dicoba tips diatas. Kalau tidak berhasil mungkin lebih baik ke tempat servis aja.cmiiw :)

      Delete
    2. Flash lagi aja....itu bootloop
      Cmiiw

      Delete
    3. wah sama kaya sis ifa,,,boleh di share donk apa penyakitnya,,bootloop itu apa gn

      Delete
  2. ih bener loh caranya.kebetulan tab gw mati lg browsing toko bagus n tiba2 mati trs gw cb search n ketemu ini gw coba ikutin caranya. alhamdulilah tab gw hidup lagi..... thanks baneget ya tuk infonya

    ReplyDelete
  3. waktu tken tombol on/off + volume nya udah 10 dtk lbh kok gk keluar apa2 ya?, tolong di bls, glau bgt nih hp gk bisa nyla :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius gan? dicoba lagi aja tahan lebih lama, waktu itu ane juga coba beberapa kali. Good luck gan!

      Delete
    2. Tekan tombol on/off + folume down + home, secara bersmaan broo

      Delete
  4. pilihnya volume up atau down?

    ReplyDelete
  5. thanx bro..
    it works :)

    ReplyDelete
  6. thanks infonya gan
    tab ane nyala lg #Sungkem

    ReplyDelete
  7. Terima kasih,artikelnya sangat membantu..tablet saya nyala lagi

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah benar2 terbukti caranya, uda sy praktekkan ke galtab ane, sempat panik juga, akhirnya bs hidup lagi

    ReplyDelete
  9. Gue udah coba tp yg muncul cuma gambar batre yg kosong...kebetulan tab gue gak mau nyala gr2 lowbet berat...tp udah di charge seharian ttp aja gak mau nyala... bantuin dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry baru bales, di charge dulu aja, kalau sudah penuh baru dilakukan metode diatas.Good luck! :)

      Delete
  10. Klo di saya, yg volume downnya yg restart gan. Trus ada tulisan dowloading, gak tau downloada apaan. Itu bner gak sih gan? Sumpah sya takut bget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya pilih tomboy yang up (+) gan...semoga berhasil, maaf telat balas

      Delete
  11. Mantap gan hp gw bisa nyala lagi

    ReplyDelete
  12. thx.... tab aku nyala lagiii.. padahal udah panik :(

    ReplyDelete
  13. makasihhhhh banget infonya bro,it works! :)

    ReplyDelete
  14. Tab sy saat ini lg mati. Sy cas. Tp ketika proses isi batre g ky biasanya.tanda kuning blm full tiba2 layar mati. Trus nyala sndiri trus mati trus nyala lg dg sndirinya.begitu terus smpe berjam2 dan batre nya g keisi dan gak ada daya sedikitpun wlw dh di cas berjam2.sudah cek carger dan g ad masalah.sudah coba cara sesuai artikel di atas tp msh sama.tetap muncul logo batre kosong sedang mencarger lalu mati kemudian nyala lalu mati lg.nyala lg mati lg... :( help me ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Coba dicharge dengan charger lain Mbak. Kalau tidak bisa mungkin ada masalah dengan batre yang bocor atau charger port-nya. Lebih baik dibawa ke counter kalau begitu

      Delete
    2. ane sama,, tpi pas ane coba charger bb ,,bisa ,, mngkin chargernya rusak

      Delete
    3. Sama persis dengan punya saya, sampai sekarang belum bisa juga. Sudah coba cara di atas tidak bisa, coba cara lain dengan isntal samsung kies di laptop tetap tidak berhasil juga :(

      Delete
    4. sama kayak punya ane gan...
      tapi biasanya klw gtu coba dengan charger yg arus nya lebih tinggi gan
      ane aja coba colok cabut pencas nyampek keluar gambar batrey ngecas
      and it's work :D

      Delete
  15. terimakasih banyak yaa infonya sanggat membantu, sempet panik gegara tab mati dan bergetar terus dan mau ke tukang service. tp alhamdulillah baca ini, sekarang sudah normal

    ReplyDelete
  16. tab saya gak bisa ngecharge itu kenapa ya? keadaanya masih nyala sekarang dan gak berani saya habisin batrenya karena takut gak nyala lagi.
    ada solusi gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu pastinya, tapi bisa dicoba dengan mengganti charger, atau dicoba dengan power bank. Apabila masih tidak bisa nge-charge kemungkinan ada masalah dengan soket atau di batre.
      Hope this helps.

      Delete
  17. Gan mohon pencerahanya,, gk bisa cara agan di atas,,,kmungkinan hrus instal ulang tpi blum ane coba,, gni masalahnya tab ane nyala tpi kedap kedip trus pas pembukaan di logo samsungnya,, trus mati lagi trus kedap kedip lgi,, smpe btre hbis

    ReplyDelete
  18. Thanks info nya...

    ReplyDelete
  19. mohon info nya mas, saya sudah pilih yg up, terus dia download, brp lama itu? soalnya yg saya sudah lama hape nya masih gitu2 aja

    ReplyDelete
  20. gan, hp saya samsung galaxy young pas kemarin biasa2 aja bisa nyala tp besoknya hp nya pas d cas ga nyala2, malahan wkt d cas casan nya bunyi. udh ganti batre ttp ga nyala ganti casan pun ttp ga nyala..mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  21. ini tablet gw awalnya baterei habis, and aku charges tidak ada tanda2 charges nya lagi jalan.... tidak ada tanda biru2 lg jalan gitu...
    hanya ada gambar baterei doang,...
    dan ga bisa nyala...
    gw lg coba cara diatas neh....
    dan sekarang proses download,... download os kali yahh..
    tapi koq lamaaaa banget ya... ini dia lg kerja kagak sih ya?
    trus gmn? ... mmc dicabut atau biarin aja?.. kabel charges nya tetep nyala apa engga?... help dongg.... kagak bisa kerja neh aneeee..... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ups... tab gw galaxy note 10.1 yaaaa....

      Delete
    2. aduh, maksud ane kabel charges tetep dicolokin kagak??

      Delete
  22. Gan ini hp samsung grand neo saya nyalah di smsng doank dan ga bsa smpe home knp y tlng bls cpt y

    ReplyDelete
  23. Kok tab saya udh dickba tetap tidak mau? Tetap diam, ketika di charge tetep diem, gaada apa2. Bergetar aja tidak gimana ya cara ngatasinya? Apa virus? Atau masalah baterai?

    ReplyDelete
  24. Tab saya hanya timbul suara . Tidak menampilkan gambar . Hanya hitam seperti dalam keadaan mati . Ketika saya swipe layar . Dia berbunyi seperti biasa utk men unlock screen . Tapi hanya saja layar tidak menampilkan apapun . Hanya hitam seperti keadaan mati . Mohon pencerahannya . tks

    ReplyDelete
  25. Wktu udah tekan tombol UP, kan muncul tulisan downloading gtu, trus itu nunggu berapa lama gan? Aku udh nunggu 1jam ga bsa2 jg nih gan

    ReplyDelete
  26. Puji Tuhan. Terima kasih banget infonnya gan.. Tab ane jadi bisa hidup lagi.

    ReplyDelete
  27. thanks gan.. awalnya gw dah mulai pasrah mau gw bawa ke ahlinya.akhirnya ada titik titik menerangin layar lcd zip zip..

    ReplyDelete
  28. Gan gimana ya kalo galaxy tab 2 10.2 mati dan ga bisa nyala gimana ya?
    Tapi pake cara gan ga bisa dri cara pertama aja uda g bsa tolong di kasih solusi ya gan..

    ReplyDelete
  29. udah aku coba cara diatas, muncul baterainya nge cas tapi waktu udah 100% kenapa aku nyalain kok gak bisa ya? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  30. ituu kalo restart smua data, aplikasi, bakal secara otomatis ke hapus ?

    ReplyDelete
  31. maaf bang, tab gua udah di ces tapi keluar gambar baterai ngecas tapi gak mau ngecas cuma loading aja baterainya, itu solusinya gimana

    ReplyDelete
  32. tab 2 saya bisa di cas tapi nggk mau nyala saya coba nyalakan malahan kembali ke cas lagi

    ReplyDelete
  33. Waahhh makasih banyak...tab anakku nyala lagi padahal sempet hopeless krn udh mati dr kmrn. Sukses terus yaaa....thx a lot for sharing:)

    ReplyDelete
  34. Thanks bngt yaaa info nya akhirnya tab gua nyala lagi

    ReplyDelete
  35. Wah.. makasih banget infonya..
    Sempet panik kenapa tiba2 samsung tab 2 saya mati dan berbunyi tanpa henti. Setelah saya coba search dan liat info ini, saya segera praktikkan, dan alhamdulillah tab saya nyala lagi..

    ReplyDelete
  36. Gan dah saya coba klik vol + tp malah muncul nya download.. Emang begitu? Tp lama bgt download nya.. Mohon pencerahan

    ReplyDelete
  37. keren vroh, waktu itu tab gw, nyala terus hang dah 3 jam tanpa kedip, dan 1 kali cara ini langsung restart ulang..
    thanks info nya :)

    ReplyDelete
  38. boo mantap sudah gan sarannyo langsung sa terapkan & cespleng moo.,tq bnyak yo cak!!!xekali lagi tq,sb nyaris ptus tamat jd.

    ReplyDelete
  39. Kalau nyala-mati-nyala-mati gmn? On off sendiri aja sembari nongol logo samsungnya berkali2 tp gak nongol2 tampilan layaknya setelah kita nyalain tab nya.

    ReplyDelete
  40. makasih ya tab aku nyala kembali

    ReplyDelete
  41. Ini tab sya udah aku tekan tombol turn of/on + down. Tapi setelah itu muncul diauruh tekan tombol vol up ada tulisan restart. Terus ada lg vol down untuk cancel. Lalu aku pilih vol down tp gaada hasil layarnya mati, aku ulangi lagi vol down muncul lagi polohan restart dan cancel, skrg aku pilih restrat tpi di layar ada tulisab downloading sm do not turnoff target. Gmna dong kak

    ReplyDelete
  42. sangat membantu banget gan, tab gwe dah idup lagi. gwe doain agan panjang umur dan berkah sukses selalu

    ReplyDelete
  43. finally .. thanks gan... its work 😂😂😂

    ReplyDelete
  44. trima kasih..dari malaysia...udah berhasil bro

    ReplyDelete
  45. Kok saya gak bisa saya udah nunggu tapi gak bisa

    ReplyDelete
  46. Kok saya gak bisa saya udah nunggu tapi gak bisa

    ReplyDelete
  47. Awal nya battre sdkt msh dpake game smpe layar mati sendiri.Sudah di charger yg klr gbr petir trs smpe 4jam msh petir.Tab S2 sy sdh di tekan ON/OFF & DOWN secara bersamaan sambil di charger tp ttp aja yg klr tanda petir dan kadang gbr logo yg berkedip2 sj.Klo sy tekan 3 tombol On/Off & Down & tombol tgh bwh yg klr DOWNLOADING tp lama bener smpe 2jam lebih gk ada respon.Blh dbantu?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.