Penyetaraan Ijazah Luar Negeri di DIKTI



Bagi teman-teman yang pulang sekolah di luar negeri dan akan melanjutkan sekolah yang lebih tinggi, mencari pekerjaan sebagai PNS, atau agar diakui gelarnya dalam karir (PNS) pasti wajib menyetarakan atas ijazah dan transkrip yang telah didapatkan. Berikut adalah pengalaman saya menyetarakan ijazah dan transkrip di DIKTI, semoga bermanfaat.
Apa yang perlu dilakukan?
  1. Kita perlu mendaftarkan diri (sign up) terlebih dahulu di website dikti (link) dan mengisi formulir untuk mendapatkan nomor antrian.Pengalaman saya waktu itu beberapa kali mencoba mendaftar tapi sempat gagal selama dua hari. Namun pada hari ketiga akhirnya bisa. Sepertinya website sedang error. Apabila kita sudah mencoba mendaftar tetapi selalu gagal, maka bisa langsung datang saja dan minta didaftarkan disana atau langsung bertemu dengan verifikator.
  2. Datang ke DIKTI pada tanggal yang telah dijanjikan sewaktu mengisi pendaftaran online.Alamat DIKTI adalah sebagai berikut: Gedung D, Jln. Raya Jend Sudirman Pintu I,  Senayan Jakarta 10270  Telp: (021) 57946105  Email: dikti@dikti.go.id Gedung D berada tepat di sebelah FX, seberang Gelora Bung Karno. Pengalaman saya waktu itu ketika mengalami masalah dengan pendaftaran diwebsite sudah saya coba telpon namun tidak pernah diangkat serta sudah saya email namun tidak juga ada balasan. Inilah salah satu kekurangan pelayanan DIKTI pertama yang saya temukan. Saya juga telah mentioned di akun DIKTI di Twitter tapi juga tidak mendapatkan balasan.
  3. Sampai di Gedung D, kita masuk dan ke lobby untuk menyerahkan ID dan diberi ID tamu. Urusan penyetaraan ijazah ada di lantai 7, kita pakai lift yang disebelah kiri. Nanti disana ada petugas yang akan menunjukkan kepada kita tempat penyetaraan ijazah. Dari lift belok kiri, lalu kanan menuju ruangan berpintu kaca.
  4. Disitu nanti ada beberapa meja dan tempat duduk antrian. Kita akan dipanggil satu-satu berdasarkan nomer urutan kita. Setelah dipanggil nanti kita akan disuruh menunjukkan semua persyaratan yang diminta, antara lain sbb:





Dokumen-dokumen ASLI yang perlu saya tunjukkan waktu itu adalah:
  1. Paspor dinas
  2. Visa
  3. Ijazah dan transkrip yang disetarakan
  4. Ijazah S1
Selain itu cukup dengan fotokopian.
Proses penyetaraan memakan waktu 2-5 hari kerja dan kita dapat memantau di website DIKTI apakah ijazah kita sudah dapat diambil.
Setelah diambil kita bisa juga mendapatkan copy legalisir tapi kita harus meng-copy sendiri (ada di koperasi di gedung sebelah). Sekali legalisir hanya bisa 5 lembar, tapi setelah itu kita bisa legalisir 5 lembar lagi dan seterusnya. Legalisiran bisa juga dikirimkan gratis ke kita kok.
Semoga lancar ya!

Salam,
frochadi


28 comments:

  1. Selamat Pagi dari Jakarta. saya menemukan anda, Bung Fajar dari www.prestasi-iief.org berasal dari brosur pameran pendidikan Amerika di Pacific place. well, thanks untuk semangatnya dan inspirasinya. saya akan merubah impossible dengan menambah Apostrophe diantara huruf i dan m.


    Regards,
    Repa Kustipia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Repa,

      Happy to hear that. Keep your dreams alive and live them!

      Best,
      frochadi

      Delete

    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Selamat siang,

    Saya juga akan melakukan proses penyetaraan ingin menanyakan, apakah trasnkrip yang di bawa adalah transkrip di semester akhir atau seluruh semester juga ikut dilampirkan?

    Regards.
    Dieyang Eranti

    ReplyDelete
  3. untuk wilayah bandung dimana ya?

    ReplyDelete
  4. Selamat malam,

    Saya sudah mendaftar sejak 22 September lalu, namun disuruh menunggu karena mereka sedang melakukan verifikasi universitas dan katanya akan dikirim e-mail jika sudah selesai. Apa mba tahu kira-kira berapa lama prosesnya? Saya sudah kirim e-mail dan telepon tapi tidak diangkat/dibalas. Apakah saya harus langsung ke tempatnya? Terima kasih sebelumnya mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda harus datang. Saya juga mengalami hal yang sama. Sampai 3 minggu.

      Delete
  5. Status penyetaraan saya manunggu persetujuan sudah hampir seminggu. itu knp ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya pejabat penandatanganan sedang di luar kota Pak :)

      Delete
  6. Saya andi. Saya ingin bertanya mengenai penyetaraan ijazah luar negeri. Saya mendapatkan ijazah dari Techno Global University di India. namun saya merasa bingung. Karena pernah membaca surat kabar di India bahwa universitas tersebut abal -abal, dan ada kasus di India yg terkait ijasah dari universitas tersebut yang tidak diakui. Memang saya alami sendiri untuk mendapatkan ijazah dari universitas tersebut sangat mudah. Saya tidak perlu kuliah seperti layaknya seorang mahasiswa. Bagaimana caranya supaya ijazah saya tersebut bisa ikut penyetaraan di Kemenristekdikti? Mohon pendapatnya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak datang saja langsung ke DIKTI, nanti mereka yang akan menentukan. DIKTI memiliki daftar universitas-universitas yang bisa dikonversi ijazahnya. Semoga membantu.

      Delete
  7. Berkas saya sedang dalam proses penyetaraan terhitung dari Senin, 8 Mei 2017 kemarin, dan petugas mengatakan maksimum akan selesai dalam 12 hari kerja (tertera juga di surat bukti penerimaan berkasnya). Mohon bantuan infonya, kira-kira per tanggal berapa saya bisa follow up lagi ke kemenristekdiktinya berdasarkan ketentuan tsb? Apakah hari Jumat juga terhitung hari kerja mereka? Saya dari Surabaya dan sambil menunggu pemrosesannya saya memilih untuk berada di Jakarta untuk melanjutkan tes medis sbg persyaratan NIDN. Terima kasih perhatiannya.

    ReplyDelete
  8. Apakah setelah datang ke sana proses penyetaraan bisa langsung selesai atau masih ada prosedur lanjutan yang lain? Saya ingin memastikan juga, apakah hari Jumat itu juga terhitung hari efektif kerja Kemenristekdikti? Di surat bukti pemrosesannya tertera proses penyetaraannya maksimum 12 hari kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya menelpon dulu saja ke DIKTI langsung Pak sebelum datang. Nanti setelah jadi kita bisa minta yang versi legalisir, tinggali saja alamat nanti mereka mengirimkannya gratis ke alamat kita.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Terima kasih responnya. Akhirnya hari Senin, 22 Mei kemarin hasil penyetaraan saya sudah selesai dan diakui. Semoga sukses untuk semua rekan-rekan yang masih dalam proses pengurusan.

      Delete
  9. Rekan-rekan ada yang tahu maksud dokumen Surat Ijin Belajar WNI yang di keluarkan oleh Ditjen Mandikdas bagi pemoho penyertaraan ijazah dari sekolah asing di dalam Negeri.
    Sebab anak saya dari sekolah internasional dalam negeri.

    ReplyDelete
  10. Mohon info, mungkin ada yang bisa membantu atau pernah mengalami. Teman saya saat ini sedang S2 di Cina, rencananya akan melanjutkan S3. Programnya emnag langsung S2-S3, jadi tidak ada ijasah S2 yang keluar, ijasah yang akan didapatkan hanya S3. Apak nanti akan dipermasalahkan pada saat penyetaraan ijasahnya? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  11. Halo, bagaimana bentuk penyetraan transkrip di Dikti?

    ReplyDelete
  12. Apa.jika.kuliah.online luar.negeri.bisa disetarakan?

    ReplyDelete
  13. Hai mohon bantu informasinya. Jika kampus sudah pernah diakreditasi namun program studi blm pernah kira2 berapa lama ya prosesnya? Thanks

    ReplyDelete
  14. kak, saya sudah mendaftar sejak akhir agustus, namun hingga saat ini, status saya masih "terdaftar". saya juga sudah kirim email ke dikti mengenai hal tersebut. mhon sarannya kak

    ReplyDelete
  15. makasih atas infonya. Dian

    ReplyDelete
  16. kak kalau misalnya saya ingin mendaftar kuliah di luar negeri kan saya butuh ijazah yang setara dengan kurikulum di sana, apa saya bisa mendaftar penyetaraan ijazah juga meskipun orang tua saya tidak dalam tugas ke luar negeri

    ReplyDelete
  17. Kak, saya tinggalnya diluar pulau jawa,jadi kalo legalisir bisa mereka kirim langsung ke alamat ya?

    ReplyDelete

  18. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete

Powered by Blogger.