Install OS X El Capitan Membuat Macbook Pro Error


Waktu itu saya mencoba meng-update OS Macbook saya ke OS terbaru, OS X El Capitan. Karena cukup besar, sekitar 6GB, proses download memamkan waktu yang tidak sedikit, apalagi saya download di kantor dengan internet yang suka error. Ketika proses download, computer saya tinggalkan dan charger lupa saya colokkan. Saya pun kaget ketika kembali laptop sudah mati dan mendapatinya sudah error. Ketika mencoba log in, maka akan muncul tulisan berupa kode-kode dan dalam beberapa detik laptop restart sendiri. Hal itu terjadi setiap saat saya log in.

Saya pun panic setengah mati karena data-data kerjaan dan file pribadi ada disana semua, apalagi saya tinggal di Bengkulu yang notabene tidak ada tempat servis produk apple. Semua hal dilakukan, mencoba restart, mematikan laptop, dan lain-lain tapi hasilnya nihil. Kemudian saya coba cari informasi di Google serta membaca kembali buku manual Macbook.

Dari situ kemudian saya temukan cara untuk menghidupkan kembali OS yang error. Caranya adalah sebagai berikut:

1.     Jangan panik!
2.     Restart laptop
3.     Ketika laptop akan hidup, tekan tombol Command+R selama beberapa detik hingga laptop reboot dan muncul 4 opsi. Apabila kamu pernah back up di time machines maka bisa reinstall OS lama via time machines. Waktu itu aku tidak pernah back up di time machines jadinya pilih opsi kedua, yakni reinstall (redownload) OS X El Capitan.
4.     Setelah OS terdownload maka tunggu ia terinstall di laptop selama kurang lebih 30 menit.
5.     Proses berikutnya adalah restart kembali laptop apabila dia belum bekerja secara normal.
6.     Updating ke OS X El Capitan sempat membuat laptop bekerja lambat di awal, tapi selebihnya bekerja normal.
Bagi yang belum pernah back up data di Time Machines mending mulai dilakukan sejak sekarang.

Salam,

Frochadi

2 comments:

  1. terimakasih infonya gan! solusi terbaik untuk macbook yang terkena tumpahan air keyboardnya jadi susah ditekan boleh juga dicek disini: http://zapplerepair.com/solusi-keyboard-Macbook-A1708-A1709-kena-air-jadi-susah-ditekan.html

    ReplyDelete
  2. Free ongkir ataupun delivery untuk semua servis reparasi iPad iPhone iMac Macbook dari Pekanbaru Duri Dumai
    http://zapplerepair.com/antar-jemput-Macbook-iPad-iPhone-iMac-Samsung-Window-Surface-repair-servis-home-service-Pekanbaru-Duri-Dumai.html

    ReplyDelete

Powered by Blogger.